BMKG Sebut Gelombang Sangat Tinggi 4 – 6 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Selatan Jawa hingga 2 September 2020

oleh

CILACAP.INFO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap menginformasikan adanya potensi gelombang sangat tinggi 4,0 s/d 6,0 Meter di wilayah perairan selatan jawa hingga 02 September 2020.

Hal tersebut disampaikan BMkG melalui rilis resminya, hari ini, Minggu (30/08/2020). Adapun seperti diketahui, pesisir selatan jawa yakni meliputi Perairan Jawa Barat (jabar), Jawa Tengah (jateng), dan juga D.I.Y (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Terkait dengan perairan selatan jawa meliputi, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran (Jawa Barat). Sedangkan di Jawa Tengah meliputi, Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Jogja.

Baca Juga :   STAI Sufyan Tsauri Majenang Berlakukan KBM Secara Online Selama 15 Hari

Berdasarkan data statistik, bahwa cuaca di wilayah tersebut umumnya Berawan hingga berawan tebal. Sedangkan hembusan angin bertiup dari Timur Laut ke Tenggara dengan kecepatan 8 s/d 25 knot.

Untuk itu, BMKG memberikan peringatan dan signal waspada terutama Resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Ia pun mengimbau agar memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter). Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter).

Baca Juga :   Dalam Sehari Polres Kebumen Amankan 5 Penjual Miras

Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter). Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 12 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.” Tegas BMKG.