Salut, Sat Binmas Polres Banyumas Siap Berantas Pungli Luar Dalam

by
id-ID

BANYUMAS, CILACAP.INFO -Sat Binmas Polres Banyumas menyelenggarakan sosialisasi Saber Pungli di kantor kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara. Sabtu (17/8/2019).

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun melalui Kasat Binmas AKP Supriyadi pada kesempatan itu mengatakan. Bahwa kegiatan sosialisasi Saber Pungli tersebut yakni bertujuan. Agar para aparatur kelurahan bisa memahami dan dapat memberi gambaran agar terhindar dari praktek Pungli, mengingat saat ini kelurahan menjadi prioritas pembangunan.

“Dana yang dikucurkan baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota rata-rata nominalnya cukup fantastis. Namun besarnya dukungan dana untuk kemajuan desa itu, belum didukung wawasan dan pemahaman para perangkat desa tentang distem pengelolaan keuangan. Sering adanya kejadian pungli, kita akan tindak lanjuti sampai dimana kasus pungli terjadi dan bagaimana penagananannya atas kejadian pungli kita adakan sosisalisasi ini agar aparatur desa/kelurahan dan kecamatan bisa memahami bagaimana itu pungli.” jelas Kasat Binmas melalui Laman Humas Polres Banyumas.

Lebih Lanjut Kasat Binmas juga berharap. Agar Saber Pungli itu, tidak hanya mengejar yang di luar saja tetapi juga ke dalam. Karena menurutnya unsur yang terlibat di dalamnya juga seperti Kepolisian, Kejaksaan, Kodim dan Instansi Pemerintah Daerah. Maka tentunya juga harus berani untuk membersihkan ke dalam juga.

“Khusus untuk pemberantasan Pungli, kita sangat serius menangani ini dan sangat antusias karena tanggapan publik sungguh luas. Tanggapan publik juga mengisyaratkan adanya satu dukungan penuh terhadap langkah-langkah pemerintah untuk melakukan suatu pemberantasan pungli.” Tegas Kasat Binmas.

Satgas Saber Pungli terbuka Terhadap Masukan dari Masyarakat

Ia juga mengatakan. Bahwa Satgas tersebut terbuka terhadap masukan dari masyarakat, artinya terbuka terhadap pelibatan masyarakat langsung. Jadi yang mencari di mana tempat-tempat terjadinya pungli itu tidak hanya Satgas, tidak hanya unit Saber Pungli, tetapi masyarakat diminta untuk ikut aktif melaporkan.

Komentar