Viral! Awalnya Dinyinyir, Makjleb Kan, Ternyata Warga Lakbok Ciamis Bikin Pesawat Terbang Asli

by

CIAMIS, DAERAH24 – Tinggal di suatu perkampungan yang bisa dikatakan jauh dari Kota Kabupaten, tepatnya di Dusun Nambo RT 24 RW 05 Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Usaha Heri Suryanto (42) dalam membuat pesawat beneran terkadang jadi nyinyiran orang.

Bahkan apa yang dilakukannya itu dianggap bahwa Heri hanya membuat pesawat mainan. Namun Heri Suryanto, pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur 42 tahun silam itu tidak bergeming dengan nyinyiran orang.

Pasalnya 2 pesawat telah berhasil dia buat saat di Balikpapan, Kalimantan Timur yang kemudian dijual atau ekspor ke Republik Ceko.

Berbekal pengalaman pernah bekerja di Amerika, Heri mencoba membuat Pesawat. “Saat di Balikpapan, di sana saya jual beli motor namun sepi, berbekal pengalaman saya pernah bekerja di Amerika, kemudian saya membuat pesawat jenis Short Tack Off And Landing (STOL).” Katanya.

Bahkan Heri mengaku sudah 2 pesawat yang telah ia buat dan di kirim ke Cheko. “Pada tahun 2019, saya membuat dua buah pesawat, karena di sana (Balikpapan) barang yang dibutuhkan mudah, sehingga pembuatan pesawat hanya membutuhkan waktu dua bulan.” Katanya.

Sementara itu, pesawat yang saat ini sedang digarapnya di Lakbok, Ciamis itu membutuhkan waktu 11 bulan, dengan biaya sebesar Rp300 Juta.

“Targetnya bulan Agustus nanti, Pesawat ini sudah selesai dan siap di uji coba.” Katanya.

Keunikan pesawat terbang satu ini menurut penuturan Heri, bahwa dapat terbang meski tanpa landasan pacu. Pesawat tersebut bisa tak off di jalan, sawah, lapangan dan juga sisi pantai.

“Saya di bantu istri dalam pembuatan pesawat ini, saya tetap positif meski banyak yang tidak percaya bahwa pesawat ini adalah asli.” Ujar Heri.