Awas Hoaks, Vtube Jalin Kerjasama dengan Gemawira

by

RIAU, DAERAH24 – Komunitas Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) yang bergerak dalam Sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) bantah terkait video pernyataan di youtube bahwa Cabang Gemawira Riau kerjasama dengan Vtube.

Dalam rilisnya di fanpage Official Gemawira, pihaknya mengklarifikasi bahwa tidak ada kerjasama dengan Vtube.

Menurut keterangan yang ditulis Gemawira tidak ada perjanjian secara Legal dan tidak ada bentuk dokumen perjanjian antara Vtube dan Gemawira.

Pernyataan tersebut ditulis lantaran banyaknya pesan yang masuk ke Gemawira terkait benar tidaknya kerjasama antara kedua belah pihak.

“Kawan-kawan UMKM semuanya, berhubung banyak nya inbox yang masuk, dengan ini kami meng informasikan bahwa tidak ada kerjasama antara GEMAWIRA dan VTUBE.” Tulis akun Gemawira.

Dijelaskan, bahwa terkait Video Youtube yang beredar hanyalah rekaman wawancara antara pihak VTUBE dengan GEMAWIRA.

“Pihak VTUBE mendatangi GEMAWIRA RIAU dan pihak Ketua GEMAWIRA RIAU, mak Awalia juga sudah menampik adanya kerjasama tersebut.” Tulisnya.

“Secara LEGAL tidak ada dokumen perjanjian kerjasama antara keduanya. Demikian, mudah-mudahan hal ini menjadi CLEAR bagi semuanya. Satukan Gemakan Sukseskan.” Tulis Gemawira.

Diketahui bahwa Vtube sedang gencar melakukan promosi terkait bisnisnya yang katanya akan di launching pada awal bulan Maret 2021 dengan Aplikasi baru Versi 3.0 dan adanya Ecommerce dan akan legal 100%.

Bahkan promosi melalui platform youtube juga gencar yakni salah satunya akan membantu perekonomian masyarakat melalui sektor UMKM.

Namun promosi yang dilakukan justru mengarah ke over claim dengan cara mencatut bahwa menjalin kerjasama dengan pihak tertentu. Tak hanya itu, sebelumnya juga dikabarkan bahwa Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongan Lumban Tobing juga telah menandatangani surat yang bahwa Vtube menjadi Legal.