Pasar dan UMKM di Bukateja Mulai Normal

by
Indonesia

PURBALINGGA, KANAL BANYUMASAN – Aktivitas pusat pasar rakyat Bukateja Purbalingga tradisional atau pasar sayur mayur, ikan dan daging di Bukateja, Kab Purbalingga setelah Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah terpantau sudah normal.

Harga-harga kebutuhan pokok yang tadinya naik baik di toko, pasar, supermarket, warung, pedagang eceren mulai beranjak turun.

Meski sudah ada beberapa hari sebelumnya pasar terlihat sepi, hari ini, Jumat (11/6) pedagang sudah beraktivitas normal seperti hari-hari biasa.

Bahkan sejak Bandara, Jendral Soedirman di Wirasaba buka secara resmi 1 Juni yang lalu, lalu lintas jalan raya mulai padat, apalagi Jumat pagi ini (11/6), Bandara JBS akan dikunjungi Presiden RI Jokowi.

Keberadaan dan juga berdampak bandara bergeraknya sektor ekonomi yang lainnya seperti moda transportasi, kuliner, industri yang mulai beraktivitas normal.

Namun aktifitas warga atau konsumen dan pedagang lokal dalam mengoptimalkan penggunaan layanan trannsportasi udara masih minim.

Kebanyakan penumpang Bandara adalah para pekerja atau karyawan yang bekerja di Surabaya, Semarang dan Jakarta.

Namun keberadaan bandara, setidaknya bisa mendongkrak sektor ekonomi kecil dan menengah.

Harapan pulihnya sektot UMKM dengan memperkuat para pedagang kecil disampaikan oleh Hj Nurul Hidayah,SH. MSi (FPPP DPRD I Jawa Tengah baru-baru ini.

“Pertumbuhan ekonomi Jateng pernah mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi sampai minus -2,63 %. Maka perlu ada upaya mendongkrak pendapatan ekonomi dengan penguatan UKM.

Dengan ekonomi bangkit, pendapatan daerah juga akan naik,” kata Hj Nurul Hidayah, yang juga ketua DPC PPP Purbalingga.

Dilanjutkan Hj Nurul, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan terbukti menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis.

Komentar