Berita Regional

PMII Komisariat Sufyan Tsauri Peringati Hari Pahlawan di Majenang Cilacap

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Minggu 10 November 2019 sekira pukul 13.00 WIB, Jalan Majenang tak seperti biasanya, dimana terlihat sekumpulan anak muda. Mereka tampak membentangkan kain kafan berpilox hitam bertuliskan “Aksi Refleksi Hari Pahlawan 10 Nevember 2019” dengan di bawahnya terdapat identitas dari anak-anak muda itu yaitu PMII Komisariat Sufyan Tsauri.

Terlihat juga bendera merah putih beserta bendera berwarna kuning bertuliskan PMII di jalan kota majenang diang itu.

Rupanya pergerakan mahasiswa islam indonesia (PMII) Komisariat Sufyan Tsauri sedang melakukan aksi long march.

Sekira 50 peserta lebih berjalan dari mulai mako (Markas Komisariat) PMII Sufyan Tsauri di jalan Ahmad Dahlan menuju Taman Makam Pahlawan Majenang Cilacap.

Mereka berjalan sekira 1 kilometer ke taman makam pahlawan yang berada di sebelah timur alun-alun kota Majenang Cilacap. Dalam aksi long march itu, terdengar nyanyian-nyanyian khas tentang perjuangan dan kemerdekaan. Seperti Gugur Bunga, Indonesia Pusaka, dan lain sebagainya.

Usai sampai dilokasi TMP (Taman Makam Pahlawan) dengan dikawal Polisi dari Kepolisian Sektor Majenang Polres Cilacap Polda Jawa Tengah, para peserta mulai duduk-duduk di atas pusara pahlawan tersebut.

Mereka kemudian membacakan do’a, bertahlil kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala teruntuk para pahlawan, hal itu sebagai ungkapan atau wujud dari kesadaran. Dalam hal ini kesadaran akan jasa-jasa mereka (para pahlawan) yang telah gigih memperjuangkan negeri ini (indonesia).

Usai berdoa, bertahlil, lalu mereka menyiramkan air dengan menaburkan bunga di pusara para pahlawan itu. Setelahnya mereka kemudian menuruni anak tangga kemudian duduk melingkar di petakan lapang masih dalam lokasi TMP.

Para peserta itu kemudian berdiri membacakan puisi dan berorasi satu-persatu dengan dilengkapi aksesoris pengeras suara, yakni Mega Pon, toa yang sering dugunakan massa aksi. Puisi yang mereka bawakan berisi tentang pahlawan, kemerdekaan, ideologi, kesejahteran rakyat.

Tampilkan Semua

Berita Terkait