Berita Regional

Waduk Matenggeng di Dayeuhluhur Cilacap Diprediksi Rampung tahun 2024

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Waduk Matenggeng yang terletak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah diprediksi rampung pada tahun 2024.

Bendungan itu meliputi dua wilayah yaitu Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap Jawa Tengah dan Kecamatan Tambaksari, Ciamis Jawa Barat.

Pembangunan Waduk tersebut diperkirakan rampung layaknya Tol Cigatas (Cilacap-Garut-Tasik) kini ada Tambahan Kedebage Bandung. Waduk Matenggeng juga Diprediksi Rampung 2024 seperti pembangunan tol yang menghubungkan Cilacap dan Bandung.

Lamanya pembangunan waduk yang bakal menjadi waduk terbesar se Asean itu disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah pembebasan lahan, hal itu diketahui berdasarkan informasi dari masyarakat. Bahwasanya pemerintah dan masyarakat terkait lahan yang akan dijadikan waduk itu berjalan alot.

Sumber Investasi Pembangunan waduk yang dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy itu diperoleh dari APBN-APBD.

Proyek dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) itu diperkirakan mencapai 1 triliun rupiah.

Kementrian PUPR sebagai penanggungjawab proyek mengatakan bahwa. Bendungan Matenggeng nantinya memiliki kapasitas sebesar 553 M³.

“Diharapkan waduk matenggeng nantinya dapat mengairi lahan seluas 27934 Ha. Dan dapat mengurangi debit banjir sebesar 187 M³/detik. Menyediakan pasokan air baku sebesar 1,11 M³/detik, serta menghasilkan listrik sebesar 27,00 MW.” Jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait