Berita Regional

Kota Magelang jadikan kearifan lokal sebagai kekuatan lawan COVID-19

cilacap info featured
cilacap info featured

MAGELANG, CILACAP.INFO – Pemerintah Kota Magelang menjadikan kearifan lokal seperti budaya gotong royong sebagai kekuatan untuk melawan pandemi COVID-19.

“Kearifan lokal sebagai kekuatan untuk melawan pandemi virus corona,” kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Magelang di Magelang, Kamis.

Ia yakin warga 17 kelurahan di tiga kecamatan di Kota Magelang masih menghidupkan budaya komunal berbagi dan bergotong royong.

“Sebelum saya (memberikan bantuan), masyarakat yang sudah mendahului banyak juga. Ada dari CSR (Corporate Social Responsibility), komunitas-komunitas,” katanya.

“Budaya berbagi dan peduli ini masih sangat kental di Kota Magelang,” kata Wali Kota saat menyampaikan bantuan paket sembako kepada warga Kampung Nambangan, Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah.

Pemerintah Kota Magelang telah membentuk Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 hingga tingkat rukun tetangga dan rukun warga serta bersiap menyalurkan bantuan dalam program jaring pengaman sosial bagi warga yang terdampak wabah.

“Sebenarnya data (penerima manfaat) sudah siap, tinggal menunggu Kemensos. Kita sudah rapatkan dengan DPRD, tinggal menunggu payung hukumnya. Jangan sampai, meskipun untuk bantuan kemanusiaan, tapi kita menabrak aturan,” kata Wali Kota.

Pemerintah kota melibatkan pengurus rukun tetangga/rukun warga dan lurah dalam mendata calon penerima bantuan sosial.

“Kita serahkan ke RT-nya, RW-nya, lurahnya karena mereka lebih tahu,” demikian Sigit Widyonindito. (hms)

Sumber : Antara

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait