Berita Regional

Wow Indahnya, Pemandangan Alam dalam Gentong Karya WBP Rutan Batang Bernilai Jutaan Rupiah

Warga Binaan Lapas Batang
Warga Binaan Lapas Batang

BATANG, DAERAH24 – Kondisi pandemi telah merubah banyak sisi kehidupan. Apalagi dengan pembatasan sosial menyebabkan banyak orang  terbatas aktivitasnya. Namun hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk tidak berkreasi dan terus berkarya.

Seperti yang dilakukan oleh Bujel (bukan nama asli), salah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang yang membuat hasil karya yang indah berupa miniatur alam (lanscape ) dalam sebuah gentong.

Pria bertato kelahiran 38 tahun lalu tersebut menceritakan proses pembuatan pemandangan alam di gentong. Dalam proses pembuatannya, kerajinan tersebut menggunakan gentong gerabah sebagai media utama.

Bujel menuturkan langkah awal pembuatannya yaitu dengan melubangi gentong di salah satu sisi.

Proses Pelobangannyapun ada teknik tersendiri agar gentong tidak pecah. “Ada tekniknya pak agar rapi dan tidak pecah” terang Bujel, Sabtu (21/8/2021).

Pria kelahiran Pekalongan tersebut menuturkan, langkah selanjutnya adalah berekplorasi membuat miniatur pemandangan dengan bahan utama semen dan ornamen seperti pohon dan daun buatan. “Untuk pembuatan pemandangan alam, tergantung imajinasi atau pesanan” lanjut Bujel.

Agar tampak indah dan natural, Bujel menambahkan air terjun buatan. Hasilnya tampak pemandangan alam dengan jalan berkelok dilengkapi jembatan dan air terjun.

Untuk memperindah suasana, bujel juga memasang lampu warna agar tampak lebih eksotis jika dilihat dimalam hari. Dua Hasil karya bujel tersebut dipajang di depan ruang Kepala Rutan lantai 2.

Bahan Gentong tersebut bisa di dapat dengan harga 200 ribuan. Jika telah jadi, kerajinan pemandangan alam didalam gentong bisa mencapai harga jutaan rupiah.

Bujel mengaku mendapat keahlian tersebut saat dirinya berada di Bali. Di sana ia melihat banyak sekali kerajinan, termasuk pemandanagan alam dalam gentong tersebut.

Di dalam rutan, banyak waktu luang dan iapun berterimakasih bisa diberi kesempatan mengekplor kemampuannya membuat kerajinan. Pria diganjar pidana 4 tahun karena terjerat kasus narkoba tersebut mengaku lebih bisa menikmati waktu karena ada kegiatan. Menurutnya dengan adanya kegiatan, tidak membosankan.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait