Berita Regional

Pentingnya Perlindungan bagi Pekerja Migran, kata Sosiolog Unsoed Purwokerto

cilacap info featured
cilacap info featured

PURWOKERTO, CILACAP.INFO – Sosiolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Tyas Retno Wulan mengingatkan pentingnya perlindungan bagi pekerja migran khususnya di tengah pandemi COVID-19.

“Perlindungan bagi pekerja migran khususnya yang terdampak COVID-19 perlu menjadi perhatian,” katanya di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Dia mencontohkan, bagi pekerja migran yang mengalami PHK, misalnya, perlu adanya bantuan logistik dan memastikan kesehatan mereka.

“Untuk pekerja migran yang akan kembali pulang ke Tanah Air, perlu dipastikan bahwa mereka tidak tertahan di bandara serta disediakan fasilitas untuk karantina selama 14 hari,” katanya.

Selain itu, bagi pekerja migran yang telah tiba di Tanah Air dan telah menjalani karantina, kata dia, perlu diberikan surat keterangan sehat sebagai bekal pulang ke kampung halaman.

“Surat keterangan sehat setelah menjalani karantina selama 14 hari bertujuan supaya desa dan masyarakat atau tetangga mereka bisa menerima kepulangan mereka dengan baik tanpa ada stigma negatif,” katanya.

Dia juga memberikan apresiasi kepada pemerintah yang telah menyiapkan program perlindungan kepada para pekerja migran baik yang sudah kembali ke Tanah Air maupun yang masih berada di luar negeri.

“Kami berharap implementasinya akan berjalan dengan baik dalam rangka perlindungan bagi pekerja migran,” katanya.

Sementara itu, seperti diwartakan sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan fokusnya pada enam hal yang menjadi perhatian bersama untuk memitigasi dampak COVID-19 terhadap sektor ketenagakerjaan.

Pertama terkait program stimulus ekonomi dan kedua terkait skema program yang meringankan beban mereka.

Hal yang ketiga, untuk pekerja di sektor informal Presiden meminta agar mereka dimasukkan dalam program jaring pengaman sosial.

Keempat, bagi pekerja yang di rumahkan atau korban PHK, Presiden meminta agar mereka diberikan prioritas untuk mendapatkan kartu prakerja.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait